KRITIK UNTUK MANAJEMEN JKT48 YANG HARUS SEGERA DIBENAHI

Berhasil atau tidaknya sang idola sebenarnya sangat dipengaruhi oleh sistem manajemen yang bekerja di dalamnya, tidak terkecuali deng...






Berhasil atau tidaknya sang idola sebenarnya sangat dipengaruhi oleh sistem manajemen yang bekerja di dalamnya, tidak terkecuali dengan sistem manajemen pada idol grup JKT48 yang menurut saya pribadi sudah cukup baik dilihat dari tingkat popularitas JKT48 yang semakin hari semakin menanjak.
Namun tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada beberapa hal yang menurut saya pribadi masih harus di benahi oleh sistem manajemen JKT48 ini, yaitu


1. Penyampaian berita / info
Berita / info yang sering dikeluarkan Official selalu terkesan terburu-buru dan mendadak (saat JKT48 masih awal-awal debut, info yang dikeluarkan Official seringkali diberitahukan tengah malam) sehingga tidak heran bila para fans menyebut Official dengan "Trollficial" atau "Official yang hobi ngalong" , tujuannya mungkin untuk menyinggung sang Official tersebut. Sehingga tidak heran bila para fans-pun kini lebih menggunakan alternatif lain yaitu "mencari info dari forum-forum" yang memang sering lebih dulu dari pada Official dalam soal penyampaian berita. Kalau memang ingin berkilah bahwa Admin Official itu orang sibuk sehingga tidak punya banyak waktu untuk meng-update berita tepat waktu, toh fungsi manajemen bisa diterapkan disini, salah satunya yaitu dengan memberi pembagian tugas ke masing-masing individu sehingga tiap individu bisa lebih fokus pada tugasnya masing-masing , jika memang ditugaskan untuk meng-update berita (atau lebih kerennya sebagai HUMAS) maka fokuskan lah kegunaannya sebagai HUMAS tersebut, bukan malah sebagai humas yang merangkap sebagai blablabla. Menurut saya pribadi, kesalahan manajemen sekarang ini ialah kurang memfungsikan HUMAS sebagaimana mestinya.



2. Tidak adanya tindak penertiban atas OFP JKT48
Seperti yang bisa kalian lihat sekarang ini, Official Fan Page yang dulunya berisi info-info penting seputar JKT48 yang diberikan user terdahulu kini seolah berubah 179 derajat menjadi sarang junker dan spamming yang sudah diluar kendali, saya tidak tahu apa modus dari perbuatan tersebut, kesimpulan menurut saya ialah mereka hanya ingin sekedar "cari muka" namun sayangnya saya pikir mereka salah tempat, dan administrator pun seolah menghilang bak ditelan bumi (saya heran, sesibuk apakah sang admin OFP tersebut sampai-sampai untuk mengecek OFP saja sudah tidak ada waktu), jika ada yang mengatakan bahwa "Admin tidak digaji untuk mengurus OFP" atau "Admin sebenarnya hanya SR (silent reader)" ----. hey c'mon man ! kalau begitu mengapa tidak diberikan saja pengurusan OFP tersebut ke pengangguran ?, setidaknya pengangguran lebih bisa berguna dalam hal "menertibkan ratusan ribu user OFP" (yang menurut saya angka tersebut masih sangat kecil dan masih mungkin untuk di tertibkan). Jadi intinya "TIDAK ADA ALASAN" bagi seorang admin hanya diam dan tidak melakukan apa-apa. Kalaupun memang admin benar-benar sangat sibuk, saran saya gunakan fungsi "MODERATOR" . Jika tugas OFP hanya memberikan info/berita lalu kemudian pergi, lebih baik "wall" tempat berbagi informasi antar user tersebut di "LOCK (kunci)" , right?



3. Info yang sangat "RANCU" dan membingungkan bagi para fans
Info yang diberikan pihak official terkadang sangat rancu dan terkesan "berbelit-belit" sehingga membuat beberapa fans menjadi bingung, penyampaian info yang kadang bertentangan / tidak sesuai juga menjadi pemicu fans menjadi pesimis dengan kinerja sang Official, contohnya saja seperti info yang menurut saya sangat "rancu" tentang theater bulan juli baru-baru ini yang pernah dikeluarkan oleh Official



Dalam info theater yang dibeberkan pada OFP di Facebook tersebut, Official menulis bahwa email yang digunakan untuk melakukan registrasi tiket theater via email adalah jkt48theater@gmail.com



Sedangkan dalam info theater yang dibeberkan pada situs resmi JKT48, Official menulis bahwa email yang digunakan untuk melakukan registrasi tiket theater via email adalah jkt48.theater@gmail.com (pakai font "titik"), benar-benar sangat rancu dan membingungkan. Walaupun ini hanya perkara "titik" namun benar-benar sangat mempengaruhi kemana email tersebut akan terkirim, karena jika salah satu huruf saja maka email bisa saja tidak terkirim kan?, kalau pun memang Official menggunakan 2 (dua) alamat email berbeda, mengapa tidak ditambahkan saja info seperti ini :

"Kirim email ke jkt48theater@gmail.com "ATAU" jkt48.theater@gmail.com dari 8 - 11 Juli 2012 (Minggu - Rabu)"

Sehingga cara sederhana seperti ini setidaknya membuat ke-rancuan tersebut hilang dan tidak akan membuat para fans yang ingin registrasi menjadi bingung. Life should be simple!




4. Cara me-manage jadwal sang idola
Menjadi populer memang adalah dambaan tiap pihak manajemen idola manapun, apalagi sampai jadwal manggung yang membanjir. Namun perlu diingat bahwa manajemen harus tahu memposisikan sang idola dengan tepat. Karena sangat tidak etis bila sang idola yang masih belum genap 17 tahun sudah tampil hingga larut malam secara LIVE pula. Bagi fans yang benar-benar memperhatikan "tidak saja" kesehatan sang idola namun juga "psikis" sang idola tersebut seharusnya mengkritisi kinerja manajemen yang kini sudah mulai diluar kendali. Dalam hal ini saya tidak hanya melihat dari sudut pandang "Fans ke idola" nya saja, namun saya juga berpikir untuk melihat dari sudut pandang "Penonton awam ke idola", bukan tidak mungkin penonton awam yang kebetulan menonton acara TV tengah malam (11 malam - 1 malam) lalu melihat para member yang rata-rata masih belum genap 17 tahun ini sedang tampil, saya takut akan muncul stigma-stigma negative yang akan dilontarkan oleh para penonton awam, terutama para haters yang bukan tidak mungkin akan menggiring opini publik tentang JKT48 ke arah "eksploitasi" . Apakah pemikiran saya yang hanya terlalu liar? namun bukan tidak mungkin terjadi kan? bisa dilihat dari kinerja KPI (komisi penyiaran Indonesia) yang akhir-akhir ini gencar melakukan protes bila terjadi suatu bentuk pelanggaran terhadap penyiaran. Namun apakah penampilan idola dibawah umur yang disiarkan tengah malam secara Live adalah termasuk kategori pelanggaran dalam hal penyiaran di Indonesia ? who knows, namun setau saya di negara Jepang hal ini tidak diperbolehkan.



5. Mekanisme penjualan ticket theater yang masih perlu diperbaiki
Saya pribadi hampir batal menonton theater pada saat tau bahwa saya harus antri berjam-jam (sampail 10 jam) untuk mendapatkan tiket theater. Mengapa hal ini bisa terjadi? apakah pihak manajemen segitu rakusnya sampai-sampai ingin membuat ticket "SOLD OUT" dalam waktu satu hari? bagaimana dengan sistem registrasi via E-mail ? sama saja, bahkan masih banyak E-mail yang tidak dibalas dengan alasan "tiket sudah habis terjual" , namun kenyataannya di lokasi theater masih sangat banyak dijual tiket "WAITING LIST" (berarti tidak "sold out" dong ya..) dan tidak heran bila hal ini membuat para fans yang sebelumnya sudah antri mati-matian karena takut kehabisan tiket theater malah harus gigit jari melihat tiket waiting list yang ternyata sangat banyak yang tersisa. --- By the way, apakah pengorbanan sebagai fans hanya bisa diukur dari seberapa lama ia bisa bertahan dalam antrian tiket theater yang sampai berjam-jam tersebut? Hello~ Official! tidak semua para fans JKT48 adalah seorang pengangguran, masih ada para fans yang punya kesibukan masing-masing sehingga tidak dapat antri hingga 10 (sepuluh) jam untuk mendapatkan tiket theater. By the way, tiket waiting list sebenarnya tidak menolong, contohnya saja teman saya yang berada di luar pulau Jawa ingin sekali menonton theater JKT48, namun karena registrasi via E-mailnya tidak dibalas oleh Official karena alasan SOLD OUT maka niat untuk menonton theater pun di-urungkan, namun seketika pihak Official memberi info dadakan bahwa tiket waiting list masih tersedia. Apakah teman saya tersebut yang notabene diluar pulau Jawa bisa datang hari itu juga ke lokasi theater untuk mendapatkan tiket waiting list?. Think !



6. Tindak tegas pihak manajemen terhadap para member
Saya tidak ingin mengulas skandal luka lama lagi, namun sebaiknya hal tersebut dijadikan pelajaran berharga untuk pihak manajemen dalam mengelola sang Idolanya, jika memang peraturannya "A" ya harus "A", tidak ada pengecualian apalagi pengampunan. Saya jadi teringat dengan gosip yang mengatakan bahwa Fahira dikeluarkan karena melanggar kontrak dengan bermain iklan pada pihak manajemen lain. Jika memang hal tersebut benar maka saya pribadi "applause" dengan tindak tegas manajemen, namun pada kenyataannya manajemen mengatakan bahwa pengunduran diri tersebut disebabkan oleh "sakit dan blablabla" , saya tidak tahu yang mana yang benar dan yang mana yang hanya menutup-nutupi. Namun sekali lagi saya ingin mengingatkan bahwa peraturan adalah tetap peraturan, dan bila dilanggar maka pihak manajemen diharapkan dapat bertindak tegas agar hal tersebut menjadi pelajaran bagi para member yang lain kedepannya.



7. Tingkat pengamanan para member yang terlalu berlebihan ?
Sebenarnya untuk hal ini ada yang menganggap proses pengamanan tersebut sudah berjalan sebagai mana mestinya namun ada juga yang beranggapan bahwa proses pengamanan tersebut terlalu berlebihan, namun pada akhirnya kembali ke masing-masing fans sendiri bagaimana menyikapi hal tersebut, jujur memang menurut saya para pihak pengamanan (termasuk bodyguard dan pak satpam-nya) sangat-sangat protektif terhadap sang member dan bahkan agak keras terhadap para fans, mungkin mereka berpikir bahwa diantara para fans bakal terdapat orang yang akan melakukan aksi pelecehan atau semacamnya?. Saya takut kedepannya bila pihak security terlalu frontal dalam menangani kami (para fans) nantinya malah akan membuat konsep JKT48 berubah menjadi "Idola yang dapat kamu temui bersama pak satpam" ! *LOL it's just a joke



Well, point-point tersebut saya tujukan kepada manajemen JKT48 yang murni hanya sebagai kritikan membangun agar kedepannya pihak manajemen dapat lebih profesional dalam menangani permasalahan-permasalahan yang timbul disekitarnya. Karena sebagai fans kita tidak harus melulu hanya menjadi penonton saja, namun masukan dan kritik dari fans sangatlah perlu agar kedepannya manajemen JKT48 dapat menjadi lebih baik lagi yang akhirnya berdampak langsung kepada JKT48 itu sendiri.
Kalian dapat membantu saya memberi kritik kepada pihak manajemen JKT48 dengan cara memberikan link ini kepada pihak Official JKT48 (syukur-syukur kalau dibaca)

Okay, sekian untuk artikel kali ini.

#konayuki
#fakta48.blogspot.com


12 komentar

  1. Saya sudah membaca hampir semua artikel. Sangat menarik.

    Keep writing! :D

    ReplyDelete
  2. semoga pihak official bs mbenahi management

    ReplyDelete
  3. kalo buat gmail sih mau pake titik ato enggak juga sama aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. thanks ya koreksinya. soalnya sy jd aneh gtu ngeliat official membedakan 2 email. pdhl klo di gmail ga ngaruh ya.. (bru tau ^^) . tp klo misalnya email covert bs ga ya? (misalnya email asli saya yahoo trus di convert di gmail, trus email itu sy pakein titik-titik)

      Delete
  4. masukan yang ajib (y) semoga officialnya baca artikel ini :)

    ReplyDelete
  5. Setuju, saya juga kurang nyaman dengan theaternya gara-gara si Satpam -,-

    ReplyDelete
  6. menurut saya lebih ketat pengamananya lebih bagus iw . Memang konsepnya "idola yg bisa kamu temui setiap hari" tapi bukan berarti "idola yg bisa kamu temui seenaknya setiap hari" walaupun "jkt48 tumbuh bersama fans" bukan berarti "jkt48 sama dg fans jkt48" . ingatlah kasus cleo . Kalau inget itu bukankah lebih baiknya diperketat lagi keamananya.

    ReplyDelete
  7. Min cuma mau tanya jah, aku dapat kabar burung, katanya ekh katanya kalo shania dulu tuh dipilih jd center oleh aki p, tp manajemen yg disini malah memilih Melody jd center... memang benar min? kalau benar kenapa bisa terjadi? tolong pencerahannya min

    ReplyDelete
  8. pihak official jg tdk pernah transparan terhadap para fans

    ReplyDelete
  9. jkt48 perlu mencontoh ismayalive, mereka rapi soal urusan show mulai dari tiketing sampai shownya

    ReplyDelete
  10. (ONLY CRITIC)
    sebebnernya gw biasa aja ama jkt48, mereka bagus berkarya untuk warna musik indonesia, gw juga suka jepang, tp ada hal yg perlu sangat gw kritik dari jkt48 :
    1.) mereka itu apa bedanya sama cover dance n sing? mereka cuma nyanyiin lagu akb48 yg udah di translate, jadi kesannya gak ori, seharusnya mereka membawakan lagu mereka sendiri yg tidak "bermodalkan translate"!
    2.) krn lagu yg ditranslate ini, kalian ngerasa aneh gak sih sama lirik lagu nya? ibarat puisi sajak ab ab nya tuh gak jelas, yaiyalah, kalo lagunya ver.jepang ya nyambung2 aja, tapi setelah ditranslate ke indonesia jadi gak jelas lyricnya, maknanya juga kadang gw suka gak ngerti, serasa nonton lagu kartun anime yg di dubbing.
    3.) dance nya sama persis sama akb48, lagu nya sama otomatis dance nya juga sama, jadi ini yg menyebabkan mereka gak ada bedanya sama dance cover akb48, cuma punya nama n manajemen doang, jikalau mereka punya lagu sendiri otomatis mereka punya dance gerakan versi mereka sendiri. kadang gw suka liat mereka lypsing, trus gw mikir ini jkt48 apa coverdance akb48? so please be original guys.
    4.) sebenernya ini bukan salah mereka, cuma dari manajemennya aja, maklum indonesia coma modal copy-paste, seandainya jkt48 itu bukan sister groupnya akb48 pasti udah bnyk antifansnya ini.
    5.) oh iya 1 lg kritik gw buat jkt48, bkn jkt48 doang sih, tapi akb48 juga, gw pengen tanya, apa bedanya sih girlband sama idol gorup? sama2 nari, sama2 nyanyi, sama2 ada yg main film juga, sama2 punya fans masing2 juga, trus bedanya apa? kenapa mereka tidak mau disebut girlband padahal cara kerja mereka sama dengan girlband? apa yg membedakan mereka? *jawab kalo tau ya* oke thx~

    ReplyDelete

konayuki fururi. Powered by Blogger.